02 August 2007

Situ Lembang, danau di jantung kota



Mungkin tidak banyak yang tahu jika di tengah pemukiman di jantung Kota Jakarta masih ada danau yang asri. Ya, danau itu adalah Situ Lembang, terletak di Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Sejak 1970-an kawasan di jalan ini memang sudah menjadi kawasan hijau.

Meski hanya sebuah danau ditengah taman kota, Situ Lembang memiliki sejarah. Jejak keberadaannya merupakan saksi bisu perkembangan ibukota Jakarta. Seperti yang ditulis Adolf Heuken dan Grace Pamungkas. Menurut penelusuran kedua penulis tersebut, kawasan Menteng merupakan kota taman tropis pertama di Indonesia yang dirancang oleh dua arsitek Belanda, PAJ Moojen dan FJ Kubatz di tahun 1913.

Untuk menjaga kelestarian dan keasliannya, Situ Lembang telah beberapa kali mengalami renovasi. Renovasi ini terpaksa dilakukan pemerintah daerah Jakarta guna mengubah wajah situ yang sempat seperti tidak terurus dan kusam. Apalagi, konon lokasi ini juga kerap dijadikan tempat rendezvous bagi para pencopet. Untuk menghilangkan kesan seperti itu, maka dibangunlah sebuah air mancur di tengah danau.

Kini dengan wajah baru, Situ Lembang sudah berganti rupa. Yang dulu kusam kini seakan memiliki daya tarik. Lihat saja, sekeliling danau ditanami berbagai bunga berwarna-warni. Sementara di sisi kiri pintu masuk utama, terdapat penangkaran kera. Meski hanya berupa tiang dengan penutup diatasnya, kera-kera seakan menikmatinya. Ini terekam dari tingkah polahnya yang lucu, sesekali saling berkejaran dan bercanda satu dengan lainnya.

Dengan keasrian yang masih terjaga dan kenyamanan suasananya, tak jarang lokasi ini kerap dijadikan tempat berbagai aktifitas warga sekitar seperti lari pagi. Bahkan tidak sedikit warga sekitar dan luar Menteng menggunakannya sebagai wahana rekreasi keluarga, sarana istirahat sejenak di kala tengah hari dan memancing.

No comments: