09 August 2007

Pesona Teluk Tulungagung


Sekali waktu, jika memiliki waktu luang cukup panjang, cobalah mengunjungi Kota Tulungagung, Jawa Timur. Kota yang letaknya diapit tiga kota, Kediri, Blitar dan Trenggalek ini memilik daya tarik wisata alam yang tidak kalah menarik dengan daerah lain di nusantara ini.

Jika mendengar kata Tulungagung, mungkin ingatan Anda langsung tertuju pada marmer. Tulungagung memang terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung terutama di Kecamatan Campurdarat. Di sini, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai perajin marmer. Tapi kali ini Pelangi bukan mengajak Anda untuk mengunjungi pusat industri marmer tersebut, namun menikmati indahnya pesona wisata teluk yang dimilikinya.

Awalnya, Tulungagung hanya merupakan daerah kecil yang terletak di sekitar tempat yang saat ini merupakan pusat kota (alun-alun). Tempat tersebut dinamakan Tulungagung karena merupakan sumber air yang besar - dalam bahasa Kawi, tulung berarti mata air, dan agung berarti besar.

Secara topografik, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 meter di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul.

Sementara jika dilihat dari geografisnya, kota kabupaten ini terletak 154 km barat daya Kota Surabaya dan dibatasi oleh Kabupaten Blitar di sebelah timur, Kabupaten Trenggalek disebelah barat, Kabupaten Kediri di sebelah utara serta Samudra Hindia di sebelah selatan. Mungkin, lokasi yang terakhir inilah menjadikan kabupaten ini memiliki potensi wisata pantai yang cukup bagus.

Pantai Popoh dan Prigi
Pagi itu, langit Tulungagung nampak cerah. Begitu sampai setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Surabaya, tanpa banyak menyiakan waktu kami pun langsung menuju kawasan wisata pantai di kota ini yang cukup kondang. Ya, Pantai Indah Popoh.

Pantai ini selain berada diantara perbukitan pantai teluk, pemandangan alamnya sangat mempesona. Tidak itu saja, pantai ini juga merupakan salah satu unggulan wisata bagi daerah Tulungagung. Tempat yang mempunyai panorama indah ini hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung.

Untuk mencapai lokasi ini, jika menggunakan kendaraan pribadi, haruslah berekstra hati-hati. Jalannya yang sempit, banyak menikung tajam dan turunan yang curam akan kerap ditemukan. Namun Anda jangan khawatir dengan kondisi jalan, boleh dibilang sepanjang jalan dari menuju hingga mencapai lokasi wisata ini cukup bagus. Mulus dengan kualitas aspal yang hampir sama dengan jalan-jalan di pusat kota Tulungagung.

Jalan menuju pantai popoh selain mulus, sepanjang jalan kita akan disuguhi alam perbukitan panorama tebing Gunung Kapur yang selalu bersinar tanpa henti. Nah ketika sampai jalan bagian atas, tidak ada salahnya jika turun sejenak dan menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit. Dari sini, kita akan terpesona memandang panorama laut selatan yang membiru. Buih ombak yang bermain di bibir pantai, dari kejauhan nampak menakjubkan.

Pantai Popoh merupakan pantai alam berbentuk teluk (Pantai Teluk) yang mempunyai pesona dan kekhasan tersendiri dan kondisi ini jarang ditemui di daerah- daerah pantai lainnya. Boleh dibilang, pantai ini memberi rasa nyaman, aman, dan jangan heran jika setelah mengunjungi Popoh, maka rasa rindu untuk datang kembali berwisata seakan terus mengajak Anda.

Lokasi Pantai Popoh yang berada di antara perbukitan pantai teluk, menjorok masuk ke daratan, sehingga angin laut yang datang tidak secara langsung masuk. Tetapi diterima perbukitan yang mengirimkan angin gunung. Tidak heran kiranya jika Pantai ini dikenal pula memiliki udara atau angin yang khas.

Jika Anda gemar berenang di pantai, Popoh memang lokasi yang cocok. Karena geografis posisi pantai masuk ke dalam, maka pengaruh gelombang Laut Selatan yang terkenal ganas menjadi lembut dan tenang. Kondisi ini memungkinkan bagi para wisatawan untuk berwisata dan berenang sepanjang Pantai Popoh dengan aman tanpa terusik ganas dan bahayanya ombak laut selatan.

Percaya atau tidak, ternyata bagi kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Popoh percaya bahwa air lautnya cukup berkhasiat. Khususnya air laut yang diyakini dari Laut Selatan tempat peristirahatan Nyi Roro Kidul. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya Palereman Nyi Roro Kidul di area Padhepokan Retjo Sewu. Berangkat dari legenda dan mistis demikian, banyak wisatawan yang datang untuk sekedar membasuh muka dengan air laut. Konon, khasiatnya dapat memberikan panjang umur, awet muda, mudah mendapatkan keuntungan, sehat dan rukun dalam keluarga.

Dibanding dengan lokasi wisata pantai di Carita maupun Pasir Putih di Bandarlampung, Pantai Popoh boleh dibilang lebih terawat dan tertata rapi. Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang lengkap. Selain menjual wisata pantainya, disini juga terdapat fasilitas arena bermain untuk anak, pendopo agung serta panggung kesenian terbuka. Disini pun tersedia beberapa kios souvenir yang menyediakan berbagai souvenir unik khas daerah ini.

Setelah puas menikmati keindahan alam di Pantai Popoh, tujuan Pelangi selanjutnya adalah wisata sejenis yang lokasinya lumayan jauh. Pantai Prigi, begitulah wisata pantai ini dinamaklan. Selain lokasi wisata, Pantai Prigi juga sebagai tempat pelelangan ikan. Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari kota Tulungagung.

Jika ke pantai hanya bertujuan untuk bersantai, maka Pantai Prigi adalah lokasi yang cocok. Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat menyewa perahu atau kapal motor menuju ke tengah mencoba besarnya ombak laut selatan.

Selain itu, jika anda ingin menikmati panorama pantai yang lebih mempesona, cobalah naik ke puncak bukit yang ada disekitar daerah tersebut. Dari puncak bukit ini akan terlihat pemandangan yang sangat indah. Pasir yang putih, keindahan pantai yang menawan serta dipadu dengan pelelangan ikan yang tertata rapi merupakan pemandangan menakjubkan yang akan kita jumpai di pantai prigi ini.

Khusus di pelelangan ini, sepanjang hari kita akan disuguhi pemandangan kesibukan nelayan merapikan jaring selepas mencari ikan di tengah laut. Jika Anda ingin membeli ikan hasil tangkapan mereka, tidak perlu khawatir. Mereka memang tidak segan-segan memberikan ikan yang kita inginkan, asal dengan penawaran harga yang pas tentunya. Dijamin, dengan pendekatan dan tawar menawar yang baik anda sudah bisa membawa ikan dengan jenis terenak sebanyak satu tas plastik besar.

So, tunggu apalagi….


1 comment:

Anonymous said...

hfxmh